Pemuda dan Poligami (12)

November 8, 2009 at 7:39 am 1 comment

Tidak disangsikan lagi mengaplikasikan sunnah ta’addud bagi laki – laki yang mampu secara materi dan spiritual (adil) dalam kehidupan bermasyarakat adala hak asasi yang tidak bisa dipungkiri.

Disisi lain sunnah ini termasuk aspek kehidupan yamg dijauhi oleh banyak pemuda dan orang yang berusia lanjut. Namun bagi yang mau memperhatikan sunnah ta’addud menyimpan banyak kelebihan, manfaat dan maslahat. Sebagaimana yang telah kami paparkan dimuka. Dimuka diantarkan manfaatkan adalah sebagai sarana pelampiasan keinginan biologis pemuda pada jalan yang halal, kami tidak melalaikan akan kemampuan keadilan dan materi lelaki dipengaruhi oleh umur, maka sebaiknya bagi yang masih muda dan mampu hendak segera menjadikan sunnah ta’addud.

Kita mempunyai tauladan yang baik pada diri sahabat dan tabi’in. Banyak dari mereka menjalankan poligamy pada usia muda29. Demikian juga para pemuda yang sholih di masyarakat Islam sekarang banyak yang menerapkan sunah ta’addud dan mengalami kehidupan yang seimbang antara kebahagian pribadi, istri – istri keridhoan Allah dan kemanfaatan serta menambah jumlah umat islam dan tarbiah bagi generasi masa dengan tarbiah yang sholih ( baik ). Dari Said bin Jubir katanya “ Ibnu Abbas bertanya kepadaku “ Apakah kamu telah kawin? Aku jawab “ belum ”, Kawinlah sesungguhnya sebaik – baik umat ini adalah orang yang paling banyak istrinya.” (HR.Bukhori No 5069)

Sebaliknya kita tidak menutup mata di masyarakat kita jumpai sebagaimana lelaki menikah yang kedua kali setelah semua anaknya menikah dan membantunya dalam suka dan duka. Jelas perbuatanya tidak adil dan bukan cara seperti itu yang dikehendaki syariat dan orang – orang baik. Hendaknya ia menyesali perbuatanya bertaubat dari kesalahan sesungguhnya Allah Maha menerima taubat.

Entry filed under: Adab dan Akhlaq, Hadits, Muslimah. Tags: .

Istri Meminang Wanita Buat Suami (11) Adil dalam Poligami (13)

1 Comment Add your own

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Insya Allah,segera terbit..!

Arsip

Blog Stats

  • 31,051 klik
Yang sedang online:
counter
Jumlah pengunjung:
wordpress hit counter sejak Maret 2009
Tentang Anda:
IP Anda

%d bloggers like this: