Dialog Dengan Teroris Sebelum Menteror (Bag.2)

July 20, 2009 at 4:27 am

Fatwa-fatwa Ulama Tentang Usamah bin Leidn

بسم الله الرحمن الرحيم

Alahmdulillah, shalawat dan salam semoga tercurah kepada Rasulullah, keluarga dan sahabatnya.

Amma ba’du

Kaum muslimin, semoga Allah menjadikan kita semuanya senantiasa beryukur terhadap kenikmatan-kenikmatan Allah, sabar ketika menerima ujian dan cobaan. Pada hari-hari ini banyak bermunculan fitnah, perubahan kondisi, kerusakan agama, perselisihan, kehidupan bid’ah-bid’ah dan kematian sunnha-sunnah yang mana hal ini menunjukkan segera terjadi kenancuran dan lenyapnya dunia dan telah dekat hati kiamat. Masalah ini telah dikabarkan oleh Nabi kita Muhammad r dalam hadits-hadits yang mutawatir. Beliau r menakuti-nakuti dan memperdengarkan akan terjadinya hari kiamat itu kepada sahabat dan kita semuanya.

Salah satu cobaan yang besar yang menimpa banyak pemuda muslim adalah munculnya orang yang bernama Usamah bin Leidn yang sedang menghidupkan sunnah khawarij. Ia mencampurnakan sunnah khawarij dengan dakwah salafiah yang benar dan cahaya syariah untuk mendukung akitivitas kerusuhan-kerusuhan dan teror-teror melawan pemerintah Saudi Rabia dan negeri-negeri Islam lainnya di balik nama jihad. Alhamdulillah Allah menjaga umat dengan ulama yang dapat menerangkan segala kebatilan dan menyingkap borok-boroknya. Meski dai-dai batil berusaha dengan berbagai macam cara menyembunyikan fatwa-fatwa ulama senior mengenai masalah ini, akan tetapi Allah telah menetapkan takdirNya menampakkan kebenaran dan melibas kebatilan. Sesungguhnya kebatilan itu sesuatu yang lenyap. Inilah fatwa-fatwa ulama tentang Usamah bin Leidn sang Khawarij :

CFatwa AlAllamah AlIMam Abdul Azizi bin Baaz dalam Majalh Bahuts AlIslamiah no. 50 hal. 17-18 :

Imam Bin Baz berkata,”Adapun yang dilakukan oleh Muhammad AlMusiri, Sa’d. AlFaqih  dan orang-orang yang serupa dengan mereka adalah kerusakan besar. Mereka adalah dai kerusakan. Wajib berhati-hati dari kejahatan mereka dan tidak saling menolong dengan mereka dalam perkara apa saja yang menyebabkan kerusakan, penyebaran kedustaan dan dakwah-dakwa batil yang menyebabkan perpecahan dan hilangnya keamanan.

Nasihatku kepada AlMusiri, Sa’d AlFaqih dan bin Leidn serta semua orang yang menempuh jalan mereka, tinggalkanlah jalan yang jelek itu, bertakwalah kepada Allah, takutlah kepada murka dan marahNya, kembalilah ke jalan benar, bertobat dari kesalahan yang telah dilakukan, Allah menerima tobat hamba-hambaNya dan memberi kebaikan kepada mereka sebagai yang IA katakan dalam firmanNya,”Dan tobatlah hai orang-orang yang beriman agar kamu beruntung”.

CFatwa Kedua Dari Imam Bin Baz :

Fatwa ini dikeluarkan koran AlMuslimun dan AsySyarq AlAusath- 9 Jumadil Ula tahun 1417: Sesungguhnya Usamah bin Leidn adalah orang yang membuat kerusakan di bumi, menyukai jalan kejelakan dan memberontak pemerintah yang sah”.

CFatwa Ahli Hadits AsySyaikh Muqbil Bin Hadi AlWadi’i :

Dalam wawancara dengan AlAllamah Muqbil bin Hadi di koran ArRai, Kuwait pada 19/12/998, no 11503, beliau berkata,” Aku berlepas diri dari Usamah bin Leidn, ia adalah racun dan bala terhadap umat Islam serta aktivitasnya dalah jahat”. Dalam wawancara itu juga beliau ditanya,”Kaum muslimin dipersulit dalam pemerintahan Barat, kenapa?” Syaikh menjawab,”Sebagian ikhwan Inggris menemuiku untuk mengadukan kesulitan-kesulitan muslimin di sana dan menanyakan apakah boleh mengumumkan berlepas diri dari Usamah bin Leidn, maka kami katakan kepada mereka, aku telah membenci dan berlepas diri darinya dan aktivitasnya sejak lama. Fakta sebagai saksi bahwa muslimin di negara-negara Barat mempersulit dan mempersempit mereka dengan sebab gerakan dakwah Ikhwawanul Muslimin atau yang sejenis mereka”.

“Apakah anda hendak menasihati Usamah bin Leidn?”, tanya wartawan. Syaikh menjawab,”Aku telah mengirimkan nasihat, tapi Allah yang lebih tahu apakah sampai atau tidak. Sebagian perwakilan dari kelompok mereka (Usamah) menawarkan bantuan (dana) kepadaku untuk berdakwah. Setelah itu mereka memberikan uang banyak kepadaku dan memintaku untuk membagi-bagikannya kepada pemimpin-pemimpin kabilah untuk membeli senjata. Akan tetapi aku menola tawaran mereka dan aku meminta mereka agar tidak datang ke rumah yang kali kedua. Aku jelaskan bahwa akitivitasku adaalah dakwah dan kami melarang murid-murid untuk selain itu”.

Dalam kitab Tuhfatul Mujib dari rekaman kaset 18 Shafar 1417 H. di bawah judul Di Balik Kerusuhan-kerusuhan di Tanah Haram, Syaikh Muqbil berkata,”Demikianlah menyerahkan segala urusan kepada orang-orang bodoh. Imam Bukhari telah meriwayatkan dari Abdullah bin Amr radhiallahu ‘anhuma katanya, Rasulullah r bersabda,”Sesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu sekali cabutan dari hamba-hamba, akan tetapi Allah mencabut ilmu dengan mematikan ulama hingga jika tidak menyisakan seorang alim pun manusia mengambil orang-orang bodoh menjadi pemimpin lalu mereka ditanya dan berfatwa tanpa ilmu kemudian sesat dan menyesatkan”.

Sebagaimana dikatakan, ulama fulan tidak tahu kondisi, ini adalah dalam rangka melarikan umat dari ilmu dan ulama. Dan majalah As Sunnah yang lebih pantas dinamakan majalah Bid’ah telah menyebarka pernyataan ini dan nampak permusuhannya kepada ahlus sunnah.

Saya katakan, sejak manusia meninggalkan ulama mereka rusak. Allah ta’ala berfirman,” Dan apabila datang kepada mereka suatu berita tentang keamanan ataupun ketakutan, mereka lalu menyiarkannya. Dan kalau mereka menyerahkannya kepada Rasul dan Ulil Amri  di antara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya  mengetahuinya dari mereka  . Kalau tidaklah karena karunia dan rahmat Allah kepada kamu, tentulah kamu mengikut syaitan, kecuali sebahagian kecil saja”.(AnNisa:83) Ulil amri adalah ulama, umara, orang-orang berakal dan orang-orang shalih.

Ketika Qarun kelaur memamerkan kekayaannya orang-orang yang cinta dunia berkata,” Maka keluarlah Karun kepada kaumnya dalam kemegahannya . Berkatalah orang-orang yang menghendaki kehidupan dunia: “Moga-moga kiranya kita mempunyai seperti apa yang telah diberikan kepada Karun; sesungguhnya ia benar-benar mempunyai keberuntungan yang besar”.(AlQhashash :79).

Ulama adalah orang-orang yang meletakkan segala sesuatu pada tempatnya,”Dan tidak ada yang mengetahuinya kecuali orang-orang alim”.(AlAnkabut :43) “Sesungguhnya hamba-hamba Allah yang taku kepada Nya adalah ulama”.(Fathur :28) “Allah mengangkat beberapa derajat orang-orang yang beriman dan diberi ilmu”.(AlMujadalah ) Apakah Allah meninggikan derajat ahli ilmu atau para perusuh / teroris? Dalam Shahih Bukhari dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu katanya, Rasulullah r ditanya,”Kapan hari kiamat?” Nabi r menjawab, (( إذا وسّد الأمر إلى غير أهله فانتظر السّاعة)) “Jika urusan diserahkan kepada orang yang tidak ahli maka tunggulah kiamat”. Maka pemimpin hizbi adalah jahil.

Contoh-contoh fitnah yang hampir menjadikan Yaman mundur adalah fitnah Usamah bin Leidn. Jika dikatakan kepadanya,”Kami membutuhkan dana 20 ribu riyal Saudi untuk membangun sebuah masjid di negeri ini dan itu”. Ia akan menjawab,”Kami tidak punya dana yang sebesar itu kami akan memberi beberapa real saja”. Tapi jika dikatakan,”Kami membutuhkan senjata dan sebagainya”. Ia menjawab,”Ambillah 100 ribu atau lebih”. Dan insya Allah ia akan memberikan dana yang lainnya.

C Fatwa AsySyaikh AlAllamah Ahmad AnNajmi

AsySyaikh Ahmad AnNajm ditanya,”Sebua hadits menyebutkan bahwa barangsiapa melindungi orang jahat atau ahli bid’ah maka Allah melaknatnya, apakah hadits ini berlaku bagi negeri Taliban hususnya mereka melindungi Khawarij dan menempatkan pada tentara AlFaruk yang dipimpin Usamah bin Leidn yang terdiri-dari empat kelas. Kelas pertama : AlMa’tam, kedua : AsySyahrani, ketiga: AlHajiri dan keempat : AsSa’id. Empat kelompok inilah yang membuat kerusuhan dan peledakan di pemerintahan tingkat tinggi, mengafirkan pemerintah dan ulama?

AsySyaikh menjawab,”Tidak diragukan lagi mereka dianggap ahli bid’ah dan terancam oleh hadits yang dikatakan Nabi r di atas. Kalau satu orang terbunuh hingga engkau melindungi si pembunuh kemudian engkau mengatakan kepada ahli warisnya,”Kamu tidak punya alasan dan aku akan menghalangi pembunuh”  maka kamu dianggap melindungi penjahat”.

CFatwa Ma’ali AsySyaikh Shalih Alu AsySyaikh :

Dalam koran ArRiyadl 8/11/2001 Ma’ali AsySyaikh Shalih Alu AsySyaikh berkata ,”Sisi penyimpangan Islam banyak sekali, akan tetapi yang terpenting adalah pengajar dalam mengajarkan pelajaran yang membutuhkan penelaahan yang serius. Aku tidak setuju terhadap pendapat yang mengatakan bahwa problemnya pada metode pelajaran. Sekarang problem pada pengajar dan ia memberikan metode secara ringkas. Misalnya kalau kita menjabarkan metode aqidah pada anak lanjutan pertama maka bisa kita sampaikan dalam satu hari dari awal sampai ahir karena hanya terdiri dari 20 sampai 30 halaman. Sekarang seorang guru mengajarkan manhaj (metode) ini selama setahun atau sehari satu jam. Para guru tidak benar dalam menyampaikan makna-maknanya. Yang demikian terjadi dalam masalah tauhid dan aqidah yang diterapkan dalam bentuk yang salah selama tiga puluh tahun. Manhaj adalah manhaj agama yang kalian pelajari. Kenapa sebelum tiga puluh tahun terahir tidak terjadi penyimpangan atau ghuluw (melampaui batas) dan pelajaran manhaj yang benar diberikan lima belas tahun belakangan. Dan dalam jangka waktu itu banyak pemuda yang memberontak yang butuh penyelesaian.

Jadi termasuk sebab penyimpangan agama adalah dari sisi guru. Setiap guru /dosen haruslah mempersiapkan diri dengan baik dan benar pemahamannya. Tidak setiap lulusan kuliah Syariah pantas mengajar. Seorang guru butuh kitab husus jika ia keluar dari kitab hususnya maka ia perlu dikoreksi. Di sana banyak kitab tafsir, fiqih, tauhid dan sebagainya tapi apakah guru-guru itu menjabarkannya dengan baik. Sekarang banyak ustadz bermunculan hingga terkadang mereka memuji-muji Usamah bin Leidn. Ini adalah kekurangan dalam memahmi Islam”.

Entry filed under: Manhaj. Tags: , , , , .

Dialog Dengan Teroris Sebelum Menteror (Bag.1) Sebab dan Cara Menumpas Teroris


Insya Allah,segera terbit..!

Arsip

Blog Stats

  • 31,051 klik
Yang sedang online:
counter
Jumlah pengunjung:
wordpress hit counter sejak Maret 2009
Tentang Anda:
IP Anda

%d bloggers like this: